SELAMAT DATANG DI RAHMATANG BLOG

GUI EVENT HANDLING

Pertemuan 8 - GUI Event Handling

Delegation Event Model

Delegasi event model menguraikan bagaimana program Anda dapat merespon interaksi dari user. Untuk memahami model, pertama-tama mari kita pelajari melalui tiga komponen utamanya.
  1. Event Source, mengacu pada komponen GUI yang meng-generate event. Sebagai contoh, jika user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol.
  2. Event Listener/Handler, menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user. Ketika tombol ditekan, listener akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah informasi yang berguna untuk user.
  3. Event Object, Ketika sebuah event terjadi (misal, ketika user berinteraksi dengan komponen GUI), sebuah object event diciptakan. Object berisi semua informasi yang perlu tentang event yang telah terjadi. Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika mouse telah di-klik. Ada beberapa class event untuk kategori yang berbeda dari user action. Sebuah event object mempunyai tipe data mengenai salah satu dari class ini.
Dibawah ini adalah delegation event model.


Pada awalnya, sebuah listener seharusnya diregistrasikan dengan sebuah source sehingga dapat menerima informasi tentang event-event yang terjadi pada source tersebut. Hanya listener yang sudah teregistrasi yang dapat menerima pemberitahuan event-event. Ketika telah teregistrasi, sebuah listener hanya tinggal menunggu sampai event terjadi.


Ketika sesuatu terjadi dengan event source, sebuah event object akan menguraikan event yang diciptakan. Event kemudian ditembak oleh source pada listener yang teregistrasi. Saat listener menerima sebuah event object (pemberitahuan) dari source, dia akan bekerja. Menerjemahkan pemberitahuan dan memproses event yang terjadi.

Registrasi Listeners

Event source mendaftarkan sebuah listener melalui method add<Type>Listener.
void add<Type>Listener(<Type>Listener listenerObj)

<Type> tergantung pada tipe dari event source. Dapat berupa Key, Mouse, Focus, Component, Action dan lainnya. Beberapa listeners dapat diregistrasi dengan satu event source untuk menerima
pemberitahuan event.

Listener yang telah teregistrasi dapat juga tidak diregistrasikan lagi menggunakan
method remove<Type>Listener.
void remove<Type>Listener(<Type>Listener listenerObj)

Class-Class Event

Sebuah event object mempunyai sebuah class event sebagai tipe data acuannya. Akar dari hirarki class event adalah class EventObject, yang dapat ditemukan pada paket java.util. Immediate subclass dari class EventObject adalah class AWTEvent. Class AWTEvent didefinisikan pada paket java.awt. Itu merupakan akar dari semua AWTbased events. Berikut ini beberapa dari class-class AWT event.


Catatan, bahwa semua subclass-subclass AWTEvent mengikuti konvensi nama berikut ini:

<Type>Event


Selengkapnya, Download
SHARE

Rahmatang Lil Alamin

Hay sahabat Blogger. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya.. Semoga bermanfaat yah :)

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com